Show Mobile Navigation

Mom's info

Tuesday 23 September 2014

, , , , , , , , ,

Dampak Negatif Homeschooling Bagi Anak Kita

Unknown - 09:39

Moms, dibalik bagusnya metode pendidikan homeschooling untuk anak kita ternyata ada juga dampak negatif homeschooling atau kerugian atau kelemahan homeschooling bagi anak. Tapi tenang aja, dampak negatif ini sebenarnya bisa diminimalisir oleh orang tua yang memilih homeschooling menjadi pendidikan alternatif pilihan bagi anak-anak mereka.

Karena homeschooling dilakukan di rumah, maka homeschooling menjadikan anak kita tidak terlalu baik dalam kemampuan sosialisasi-nya. Kemampuan sosialisasi anak biasanya diperoleh ketika anak bisa bertemu, main bersama, belajar bersama dengan teman-teman sebaya mereka. Dan hal ini yang tidak bisa diperoleh ketika kita memilih homeschooling.

kerugian homeschooling, kelemahan homeschooling, dampak negatif homeschooling, homeschooling, homeschooling indonesia, online school, belajar online, belajar di rumah, sosialisasi anak, bahasa
Namun, saat ini banyak lembaga-lembaga pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan homeschooling sudah mengantisipasi dampak negatif atau kelemahan dari homeschooling tersebut. Berikut beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan kemampuan sosialisasi anak :

  1. Tetap perkenalkan anak dengan teman-teman di sekitar rumah kita, jangan hambat pergaulan mereka namun tetap dalam pengawasan kita.
  2. Pada saat libur, ajak anak untuk mengunjungi tempat-tempat yang akan menyatukan mereka dengan anak-anak lainnya, misalkan di arena bermain atau tempat olah raga
  3. Batasi penggunaan gadget secara berlebihan, karena kecanduan gadget bisa menjauhkan anak kita dari dunia sebenarnya.

0 comments:

Post a Comment