Show Mobile Navigation

Mom's info

Friday 5 September 2014

, , , , , ,

Contoh Kurikulum Homeschooling Sederhana

Unknown - 17:16
Moms, bagi anda yang masih bingung untuk memulai homeschooling di rumah, semoga tulisan ini bisa menjadi sebuah rujukan atau bahan untuk penyemangat dalam menerapkan sebuah metode pendidikan alternatif seperti homeschooling ini. Tahap pertama adalah biasanya kita memerlukan kurikulum. Kurikulum diperlukan untuk menjadi acuan pada pola belajar peserta didik. Berikut contoh sederhana kurikulum homeschooling :

Untuk membuat kurikulum homeschooling, kita bisa mengacu pada kurikulum yang digunakan oleg kementreian pendidikan setiap negara. Misalnya jika kita ingin menerapkan homeschooling di Indonesia, maka kita juga bisa mengambil bahan kurikulum dari kementerian pendidikan nasional. Ini bisa menjadi rujukan utama disamping anda juga bisa mengambil contoh kurikulum dari negara-negara lain.

Pada lembaga-lembaga pendidikan yang menyelenggarakan metode pendidikan homeschooling di indonesia, seperti Homeschooling Kak Seto juga memiliki kurikulum sendiri-sendiri. Namun tentunya merekapun mengacu pada kurikulum pendidikan di Indonesia. Karena pada akhirnya anak didik kita akan mengikuti ujian akhir sesuai dengan bahan ujian yang dikeluatkan oleh kementerian pendidikan nasional.

Langkah-langkah yang dapat ditempuh dalam menerapkan kurikulum homeschooling :

  • Tahap pertama dalam menyusun kurikulum homeschooling, kita bisa mencari dahulu kompetensi apa yang harus dikuasai anak
  • Tahap kedua, kita bisa mulai menyusun semua kompetensi yang ada tersebut
  • Tahap selanjutnya baru kita membuat metode yang menyenangkan dalam pembelajaran.


So, mari kita terus persembahkan pendidikan terbaik bagi anak didik kita

0 comments:

Post a Comment