Show Mobile Navigation

Mom's info

Monday 1 September 2014

, , , , , , ,

Contoh Materi di Homeschooling

Unknown - 16:38
Sore moms, wah tidak terasa ya kita sudah berpindah ke bulan sepetember, wah pastinya akan bertambah semangat nih untuk memberikan pelajaran terbaik bagi anak-anak kita. O ya moms, beberapa hari yang lalu ada yang bertanya mengenai contoh materi di homeschooling atau mungkin bisa juga dikatakan contoh pelajaran dalam homeschooling. Saya jadi tertarik untuk membahas tema ini. Berikut contoh materi di homeschooling yang saya terapkan ya...

Sebelumnya menerapkan materi homeschooling pada anak-anak saya di rumah, saya pernah membaca bahwa ternyata materi homeschooling itu sebaiknya adalah materi yang kira-kira tidak bisa dikuasai anak secara alami, misalnya, grammar, spelling, dan aritmetika. Untuk itu pada tahap awal saya menerapkan pelajaran aritmetika pada kegiatan homeschooling anak saya.

Aritmetika adalah ilmu hitung. Sedangkan operasi dasar aritmetika adalah penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Untuk itu sayapun memulai pelajaran homeschooling ini dengan mengenalkan angka pada anak saya.

Ada cara unik yang ternyata sangat disukai anak ketika kita mengenalkan mereka untuk cepat paham dan mengerti ketika belajar angka. Salah satu cara itu yaitu dengan mengenalkan bentuk angka tersebut pada barang-barang yang mirip bentuknya dengan angka tersebut. Misalnya ketika kita melihat bebek maka kita kenalkan bahwa bentuk bebek mirip dengan angka 2, ketika menemukan pensil maka kita kenalkan bahwa bentuk pensil mirip angka satu, dan sebagainya.

Dan hasilnya? Luar biasa ternyata anak kita begitu antusias untuk belajar dengan metode sederhana materi homeschooling untuk bidang aritmetika sederhana.

0 comments:

Post a Comment