Show Mobile Navigation

Mom's info

Tuesday 2 September 2014

, , , , ,

2 Jam Homeschooling Sama Dengan 8 jam di Sekolah?

Unknown - 14:47
Moms, banyak yang menerapkan metode homeschooling untuk menunjang pendidikan putra-putrinya, namun ternyata mereka menggunakan waktu yang berlebihan sehingga anak-anak cepat merasa bosan saat belajar. Saat ini saya ingin share mnegenai berapa lama sebaiknya waktu yang diperlukan untuk belajar dalam metode homeschooling itu.

Ya, seperti kita ketahui memang homeschooling adalah metode belajar di rumah dengan menjadikan rumah sebagai sekolah bagi peserta didiknya. Metode pendidikan homeschooling mulai banyak diterapkan oleh banyak orang tua dengan berbagai keuntungannya. Bermula dari dunia barat, kini homeschooling sudah semakin marak di Indonesia juga. Sudah banyak lembaga-lembaga pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan ala homeschooling ini, anda bisa melihat daftar homeschooling di Jakarta salah satunya di halaman ini.

Jika kita menghitung waktu efektif belajar anak didik di sekolah. Dengan asumsi jumlah murid sebanyak 20 siswa yang ditangani oleh 2 orang guru selama 6 jam, maka sebenarnya kita bisa menghitung bahwa 1 guru efektif menangani 10 siswa. Kemudian jika waktu belajar yang diterapkan di sekolah adalah 6 jam, maka 6 jam tersebut jika dibagi untuk 10 siswa maka hasilnya adalah 0,6 jam. Ini berarti para siswa hanya efektif belajar dengan satu guru masing-masing selama 0,6 jam atau sekitar setengah jam saja.

Dari perhitungan tersebut, maka bagi orang tua yang menjalankan homeschooling di rumah, cukup menggunakan waktu sekitar 0,5 sampai maksimal 2 jam saja, maka hasilnya tidak kalah bagusnya jika dibandingkan dengan 6 jam di sekolah.

Namun tentunya ini perhitungan jika pada saat belajar tidak terjadi gangguan apapu ya moms, so mari kita siapkan anak-anak terbaik kita untuk masa depan yang lenih cerah.

0 comments:

Post a Comment